Minggu, 13 Mei 2012


Sebelumnya saya memberikan penjelasan sedikit tentang pengertian Sniffing itu apa? Sniffing merupakan aktivitas penyadapan untuk melihat data yang lalu lalang di jaringan komputer. Tujuannya bisa bermacam-macam, misalnya untuk mengendus password yang mungkin diketikkan oleh pengguna. Bisa juga untuk menyadap dan mengawasi penggunaan komputer.

Untuk mengantisipasi sniffing memiliki beberapa langkah antara lain :

  • Hindari mengetikan password penting di sembarang komputer. Apalagi jika tempat tersebut kurang dapat dipercaya. Lebih baik jika anda selalu menggunakan komputer/laptop pribadi sehingga tetap aman.
  • Pastikan aplikasi Anti Virus terinstal dan databasenya telah diperbaharui (update). Aplikasi ini dapat mendeteksi adanya sniffer yang terinstall di komputer.
Untuk lebih lengkapnya anda dapat membeli buku terbitan Rachmad Hakim S dengan Judul Rahasia Jebol Password, di buku ini banyak membahas mengenai bagaimana mengantisipasi data kita yang ingin di obrak abrik oleh si cracker. Dengan pertumbuhan teknologi yang semakin lama semakin canggih itu membuat cracker juga ingin berusaha mengetahui kelemahan yang ada pada data kita. Seperti halnya yang lagi marak di dunia maya seperti jejaring sosial yaitu facebook, para cracker ini bertujuan untuk mencuri admin yang kita miliki yaitu username dan password maka berhati-hatilah dengan ulah si crack ini yang dapat mencuri username dan password ada kapan pun saat anda lengah atau anda terjebak dengan tampilan website yang memiliki ke miripan sehingga data anda dapat di colong.

0 comments:

Posting Komentar